top of page
Writer's pictureDavid Syahputra

Kejadian 9:3




PENJELASAN AYAT ALKITAB

Mari temukan jawaban dari pertanyaan yang mungkin membingungkan kita dari setiap ayat-ayat Alkitab. Kita yakin bahwa Alkitab tidak bertentangan satu dengan yang lain dan mari biarkan Alkitab berbicara untuk menjelaskan dirinya.


Kejadian 9:3

Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya s  itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.

Apakah perintah semua bergerak, mengartikan bahwa manusia dapat memakan apa saja yang mereka suka?

 

Sebelum air bah, Allah tidak memberi izin kepada manusia untuk makan daging binatang. Diet asli ditetapkan dalam Kejadian 1:29 dan 3:18 terdiri dari kacang-kacangan, buah-buaha, biji-bijian serta sayur-sayuran. Perintah ini berlaku sampai setelah air bah. Kemudian, karena tumbuh-tumbuhan telah dihancurkan oleh banjir, Allah mengizinkan penggunaan daging sebagai makanan untuk pertama kalinya. Hal ini dimaksudkan karena hewan yang tidak haram telah dibawa masuk ke dalam bahtera tujuh pasang dan yang haram dua pasang (Kejadian 7:1-2).


Meskipun Kejadian 9:3 tampaknya tidak melarang untuk makan segala jenis hewan, harap diingat bahwa itu bukan tanpa batas. Tuhan berkata, “Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau.” Dengan cara yang sama ketika Allah memberikan tumbuh-tumbuhan, demikian juga sekarang Dia memberikan daging. Tetapi tidak semua tumbuh-tumbuhan baik untuk dimakan. Ada gulma dan tanaman beracun yang tidak bisa dimakan. Dengan cara yang sama, Allah meneruskan segera setelah itu (Imamat pasal 11) untuk menunjukan ada hewan tertentu yang tidak baik untuk dimakan dan tentu tidak seharusnya dimakan.

 

Hal ini juga menarik untuk diperhatikan bahwa perintah ini diberikan kepada Nuh segera setelah meninggalkan bahtera. Karena dibutuhkan dua (baik laki-laki dan perempuan) untuk menyebarkan spesies dan hanya dua dari masing-masing hewa haram yang selamat dalam bahtera, dapat dipastikan bahwa Tuhan tidak memberi izin untuk makan hewan-hewan yang haram. Jika Dia memberi izin, spesies haram telah musnah, dan tidak akan ada hari ini.

17 views0 comments

Comentários


bottom of page